close

Direktur Paling utama PT PAM Jaya Erlan Hidayat mengemukakan, pihaknya waktu ini terus melaksanakan pemasangan jaringan pipa air di lima Tempat tinggal Susun Simple Sewa atau Rusunawa di lokasi DKI Jakarta. 

Perihal pemasangan itu, pihaknya memanfaatkan dana kas internal perusahaan atau tanpa ada ikut serta suntikan Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

Baca :  biaya pembuatan menara tandon air

" PAM Jaya terus menempatkan jaringan pipa air bersih di lima rusunawa di Jakarta. Walaupun tiada suntikan PMD oleh pihak Pemprov DKI Jakarta. Mengingat, diawalnya itu PAM Jaya sempat mengajukan PMD di th. 2018, sebesar Rp 316 Miliar didalam rancangan Biaya Pendapatan Berbelanja Daerah (APBD) th. 2018 tapi tdk diketahui. Jadi itu, didalam pemasangan ini memanfaatkan kas dari internal perusahaan, " ucap Erlan, Sabtu (2/12/2017). 

Erlan akui biaya pemasangan jaringan pipa air bersih di ke lima rusunawa itu merogoh dana miliaran rupiah. 

" Ongkos yang harus di keluarkan Pam Jaya buat pemasangan jaringan perpipaan itu bervariatif, serta terkait situasi rusun. Untuk lima rusun itu kita udah ada anggarannya di kas internal Pam Jaya. Relokasi pipa di Rusun Penjaringan saja diongkosin Rp 2, 5 Miliar. Relokasi pipa di Pondok Indah nyaris Rp 6 Miliar, itu kami juga ongkosin. Kami tdk mempunyai itu beberapa ratus Miliar rupiah, " katanya. 

Pemasangan pipa air bersih di RusunWa Penjaringan buat tiga blok itu sanggup menelan dana Rp 2, 5 Miliar, dikarenakan konstruksi basic rusun terbuat dari beton tidak tipis. Jadi, pihaknya mesti melaksanakan drilling horizontal. 

" Sesaat, Rusunawa Rawa Bebek yang waktu ini masihlah dikelilingi tanah enteng dijalankan. Jadi, cuma diperlukan dana beberapa ratus juta saja. Jadi pendek kata, cost yang di keluarkan terkait situasi di semasing rusun itu, " tukasnya. 

Dengan penghitungan jenis harga, ujarnya, pemasangan jaringan pipa ini PT PAM Jaya iru masihlah mampu sepanjang cost yang di keluarkan masihlah dibawah Rp 5 Miliar sampai Rp 10 Miliar. Ia juga tidak menolak, kalau ada tiga-empat rusun membutuhan dana sebesar itu, pihaknya di pastikan kebingungan. 

" Jadi, kami juga terus dapat mengajukan kembali PMD pada APBD-Perubahan di th. 2018 lain kali. Ada PMD, ruang cakupan jaringan perpipaan yang mengarah ke rusun itu semakin tambah banyak, " ujarnya. 

Buat th. 2018, pihaknya sesaat cuma sanggup laksanakan pemasangan jaringan pipa air bersih di lima rusun prioritas, dikarenakan air udah mulai tampil. 
" Kami utamakan yang airnya itu udah tampak ada, " katanya. 

Dalam pemasangan jaringan pipa air bersih, di Jakarta Barat, tutur Erlan, air bersih itu sukar didapat. Diantaranya yaitu di Rusunawa Pemadam Kebakaran Kalideres, Jakarta Barat. 

" Ada pula rusun-rusun yang tidak mempunyai air, seperti Rusunawan Pemadam Kebakaran di Kalideres, Jakarta Barat. Bingung sayanya juga. Tapi ini Rusun Pemadam Kebakaran, belum juga dapat buat kami jalankan di th. 2018 ini. Pemasangan pipa di ruang rusun, kami jujur saja itu susah lebih-lebih di rusun-rusun yang di Jakarta Barat, " tukasnya. 

BACA JUGA :  harga atap seng

" Sebab, sumber air tidak ada seperti di Rusun Polri, jadi kami sangat terpaksa buat pemenuhan warga rusun ambil air tanah. Tiada waduk yang ada, walaupun ada air tidak dapat penuhi semua kebutuhan-kebutuhan di rusun. Kami juga waktu ini laksanakan koordinasi dengan dua perusahaan Aetra dan Palyja.

arrow
arrow
    全站熱搜

    hargahunian 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()