close

Halte TransJakarta Monas waktu ini telah mempunyai toilet modern. Toilet bernama Smart Toilet ini memanfaatkan system sensor, dimulai dengan air, sabun, hingga tisunya. 

Tapi, tahukah Anda, berapakah ongkos yg diperlukan buat bangun toilet itu? 

Staf Analisis serta Pengembangan Usaha PD PAL Jaya, Tifani mengatakan, pembangunan Smart Toilet itu menelan ongkos beberapa ratus juta. Dikarenakan ada banyak bahan basic toilet yg di impor dari luar negeri. 

Baca Ini :  wc jongkok

" Barangkali Rp 200 juta hingga Rp 250 juta. Dikarenakan ini kan prototype ya masih tetap belum pula massal. Dan benar-benar direferensikan ke luar negeri, umpamanya India, Smart Toilet harga nya segitu. Seandainya Eropa lebih kurang Rp 500 juta hingga 700 juta, " kata Tifani. 

" Tidak cuman itu juga kan seperti flush dari Prancis. Jadi ya barangkali segitu ongkos buat buat Smart Toilet, " tambah Tifani. 

Keunggulan Smart Toilet, yaitu aman untuk lingkungan, bersih serta wangi, rancangan yg minimalis, ramah disabilitas, serta dikelola oleh PD PAL Jaya. Selanjutnya, Smart Toilet ini semua memiliki bahan basic stainless steel baik toilet jongkok juga duduk. Selanjutnya tempat sabun, juga tempat sampah. 

" Ya jadi, Smart Toilet ini, seandainya yg namanya smart itu kan gunakan tehnologi, gitu. Jadi lebih dari satu komponen seandainya di lihat di brosurnya, mengapa smart? Yang pertama gunakan system tapping. Di tap, selalu masuk, itu lewat system tapping. Udah itu, ada sensor automatis lampu serta exhaust fan-nya. Jadi, contohnya barusan simak, sebelum saat di-tap, lampunya kan mati. Serasi ditap, dia baru nyala lampunya, " tutur Tifani. 

Tifani mengemukakan, diinginkan warga Jakarta selanjutnya mempunyai sanitasi di mana-mana. Dikarenakan masih tetap analisis, PD PAL Jaya dapat mencatat data pemakai atau pengguna Smart Toilet ini. 

" Nah pengumpulan data itu, pengumpulan jumlah pemakai /hari, waktu pemanfaatan, dan saat pemakaian. Jadi kita dapat simak dari data itu kurang lebih, oh berapakah sich demand-nya /hari. Per orang itu berapakah lama. Jadi dari situ kita dapat menentukan ke depannya itu kurang lebih kita dapat untuk seperti apa. Ini sisi dari analisis, " ucap dia. 

Lihat Juga :  ukuran gypsum

arrow
arrow
    文章標籤
    Bangunan Toilet
    全站熱搜

    hargahunian 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()