close

 Bangunan Kontruksi harga triplek MDF dengan dominasi Kayu Kelapa nampaknya Kembali Jadi Pilihan untuk beberapa the Orang-the Orang DI lokasi pesisir pantura Kabupaten Indramayu SISI Barat (Inbar).  

Pemakaian type kayu bernama latin Cocos Nucifera ini, menyusul harga beragam type kayu keras yang lain yang sekarang ini telah dikira kelewat mahal.

Bahan Bangunan Murah.jpg

 

Bangunan Asal Kecamatan Tukang harga CAT tembok Jotun  Kandanghaur, Narjo mengungkap, Bahan Bangunan Jadi Dari Kayu Kelapa memanglah Alternatif untuk Pilihan the Orang-the Orang. Saat harga Rimba Kayu terakhir semakin Mahal.

Seperti kayu Jati, merbau, ulin, kamper ataupun kruing yang harga nya diatas Rp 6 juta pe rmeter kubik. Sedang kayu kelapa kwalitas super cuma dikisaran Rp 2 juta-Rp 2, 3 juta per mtr. Kubik.

"Kayu kelapa makin disukai orang-orang lantaran harga nya lebih murah serta relatif kuat dan tahan lama untuk jadikan bahan bangunan," kata dia pada Radar Indramayu.

 

Sejatinya, ungkap Narjo, pemakaian kayuv harga Besi Beton per kg  Kelapa untuk kontruksi Bangunan tidaklah HAL aneh. Beberapa the Orang TUA Jaman dahulu, Lebih Pada Suka Bambu sebagai Bahan kontruksi Kuda-Kuda Pada ATAP Bangunan.

Hal semacam itu tak lepas dari kwalitas, ketahanan dan ketersediaan kayu kelapa yang cukup melimpah. Tetapi, mulai sejak satu tahun lebih paling akhir, ramainya kontruksi bangunan alternatif seperti baja ringan bikin pemakaian kayu kelapa menyusut.

 

"Tapi rupanya beberapa orang telah mulai memikirkan balik ke saat lantas. Ingin suatu hal yang alami, murah serta berkwalitas. Kayu kelapa pada akhirnya jadi pilihan," jelas Narjo.

Sayangnya, sambung dia, penjual kayu kelapa berkwalitas di lokasi Kabupaten Indramayu hampir tak ada. Pemakaian kayu kelapa lokal tak dianjurkan karena mutunya kurang mumpuni.

Warga yang menginginkan membelinya mesti pesan dahulu pada beberapa pedagang yang ada di lokasi Jawa Tengah ataupun Sumatera.

 

Mengenai keunggulan kayu kelapa itu juga di sampaikan H Unang, entrepreneur kuliner. Diakuinya tambah baik pilih kayu kelapa sebagai bahan bangunan dibanding kayu rimba yg tidak tahan lama serta harga nya mahal.

 

"Rumah Yang Tengah Saya Bangun SAAT INI Semua memakai Kayu Kelapa Dari Pohon Yang telah TUA. Saya berniat pilih Kayu Kelapa Dari Sumatera Yang mutunya Super. Yang telah TUA Dapat bertahan beberapa puluh TH.," Tuturnya.  Di Sumatera, Kayu Kelapa Jadi Sumber Kayu alternatif baru. Barangnya datang dari perkebunan kelapa yang telah tak membuahkan lagi buah.

 

Pohon-pohon kelapa yang dipakai sebagai bahan bangunan itu rata-rata berusia 60 th. Ke atas. Lantaran tua, hingga tak berbuah lagi hingga umumnya bakal ditebang serta ditukar dengan bibit pohon yang baru.

 

Sumber:  harga Bahan Bangunan 2017

arrow
arrow
    全站熱搜

    hargahunian 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()